Jejak Petjinan

Jejak Petjinan

Jejak Petjinan

Yihuuuuiiiii…..!!

Dapet kiriman post card dari seorang teman, Paulina Mayasari, yang seneng “Melantjong” ke daerah “Petjinan”, alias Melantjong Petjinan Soerabaia…

Website dapat dilihat di: http://www.jejakpetjinan.org/

Alamat facebook: http://www.facebook.com/JejakPetjinan

Penjelasannya, saya copy paste dari website-nya, sebagai berikut:

” Melantjong Petjinan Soerabaia adalah salah satu kegiatan komunitas ini, yang sesungguhnya merupakan penuturan hasil penelusuran tersebut kepada masyarakat dalam bentuk wisata budaya. Harapannya memberikan wawasan kepada peserta tentang sejarah dan budaya masyarakat Tionghoa yang telah menjadi bagian sejarah kota Surabaya khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Komunitas Jejak Petjinan adalah komunitas yang ingin menelusuri jejak peranakan Tionghoa di Indonesia, baik yang masih ada, ataupun yang sudah terkubur oleh jaman, dan tidak ada bekasnya lagi.”

Hebatnya lagi, Jejak Petjinan ini terpilih sebagai salah satu “project pilihan”, yang diundang hadir dalam Forum UN Alliance of Civilizations di Rio de Janeiro, Brazil yang berlanggsung pada tanggal 27 – 29 Mei 2010.

Merupakan ide yang sangat bagus, untuk mengadakan jalan-jalan ke daerah Pecinan Surabaya ini.

Kenapa?

Karena di negara lain seperti misalnya di Singapore, “historical tour” seperti ini sangat diminati, baik oleh wisatawan lokal, yang ingin “lebih mengenal” sejarah di daerahnya sendiri, ataupun wisatawan asing yang datang ke Singapore.

Sip2, semoga Melantjong Petjinan Soerabaia bisa menjadi salah satu ikon “historical tour” di kota Surabaya ini… 🙂


2 Comments

  1. ericova
    Aug 17, 2010 @ 14:58:53

    hehehe kartu posnya euui dr afrika 😀
    waktu ce maya konser dsana y bro?hehe

  2. Maya
    Aug 26, 2010 @ 11:49:16

    Eric.. kok dari Afrika seh? .. *mikir2 : jadi kapan kita ke sana nih? hehehe