Tempat Wisata Pacitan – Goa Gong dan Pantai Klayar

Tempat Wisata Pacitan

Mungkin objek wisata Goa Gong masih belum marak di Indonesia sekalipun keindahannya telah diakui seantero Asia Tenggara. Berbagai alasan logis seperti akses yang jauh dan jalanan yang belum nyaman seperti itulah yang kurang membuat eksotisme objek wisata ini tidak berkembang. Goa Gong yang notabene terletak di kota Pacitan dan berada di daerah pantai selatan; harus dilalui dengan mengendarai kendaraan melewati daerah gunung dan batuan karas yang rawan longsor di musim penghujan – mungkin itu pula yang menjadi kendala. Sementara ini, Pacitan yang juga tempat kelahiran dan rumah kecil presiden Susila Bambang Yudhiyono (SBY) memiliki keuntungan tersendiri dengan diangkatnya beliau menjadi SBY ; yaitu perkembangan akses ring road selatan sewaktu beliau mengunjungi rumah orang tua nya ๐Ÿ˜€ Perlahan akses semakin baik dan dijanjikan untuk semakin aman dengan bekal mempromosikan keindahan alam selatan..

Terakhir saya kesana sewaktu liburan Lebaran (sebelum berangkat ke Menjangan dan Baluran), saya mengendarai Cherry QQ kesayangan dari Malang menuju Pacitan. Tampak jalur antara Ponorogo dan Pacitan mulai banyak diperbaiki untuk menyambut musim penghujan. Jalannya masih kecil dan beberapa lubang perbaikan di kiri kanan jalan, tapi saya dan orang tua terhibur dengan pemandangan alam selatan pulau Jawa di sekitarnya ๐Ÿ™‚

Tiba di kota Pacitan yang terletak tepat di pinggir garis pantai, saya mampir sebentar di pantai Teleng Ria yang berjarak cuma 3km dari pusat kota. Di Pacitan selain terkenal dengan Kota Gua, juga terkenal sebagai tempat bagi para penggemar surfingย ; yang mana banyak foreignersย khusus mengunjungi Pacitan hanya untuk menikmati gelombang ombak dan menari di atasnya dengan papan mereka ๐Ÿ™‚

Kita menginap di bungalow persis di depan pantai Teleng Ria seharga 150000IDR/malam. Mungkin untuk keluarga bungalow ini kurang nyaman karena fasilitas kamarnya dikelola oleh warga lokal seadanya. Dan kenapa masih mahal? yah karena mereka mengikuti tarif orang asing ๐Ÿ™

pantai Teleng Ria

Keesokan harinya, kita segera menuju Goa Gong yang berjarak sekitar 20km ke arah barat dari pantai Teleng Ria. Akses menuju Goa Gong masih normal – dalam konteks jalanan kampung yang masih tidak berleok-leok. Setiba di area Goa Gong, tiket masuk diharga 5000IDR/orang dan di sepanjang jalan menuju pintu goa banyak warga lokal yang menawarkan jasanya untuk memandu kita di dalam sambil menjelaskan tiap bagian gua. Berhubung warga tersebut minta dibayar seikhlasnya, jadilah orang tua merasa simpati dan menyewa salah seorang dari mereka untuk memandu kita. Bayar berapa? ya seikhlasnya saja ๐Ÿ˜€

Sepanjang jalan menuju pintu gua banyak warga yang berjualan aksesoris di kanan kiri jalan. Kalau di luar gua udara masih sejuk dan segar, begitu masuk di dalam gua terasa lapisan udara yang lebih tipis dan tekanan udara yang berbeda di luar. Kami pun menjelajahi gua sampai ke dalamnya.

mami papi ๐Ÿ˜€

Di dalam, pemandu kita menjelaskan semua hal mengenai lapisan-lapisan gua. Banyak bentuk stalaktit yang menarik dan kadang sangat aneh ๐Ÿ˜€ yang membuat saya tertegun adalah proses terbentuknya stalaktit itu sampai membentuk rangkaian indah dan kuat ; pasti sudah dari ratusan bahkan ribuan tahun lalu..wow!

Masih ada pula beberapa celah gua yang menurut pemandu masih sedang dikerjakan oleh proyek pemerintah untuk menjelajah lebih dalam; untuk melihat apakah masih ada ruang lagi di dalamnya. Celah yang masih dikerjakan tersebut ditutup dikarenakan tidak adanya oksigen ataupun ditakutkan memiliki kandungan gas yang kurang ramah terhadap kondisi fisik kita.. hmm..jadi penasaran..;)

wow!

Puas menjelajahi gua, kita pun keluar dan menikmati kelapa muda langsung dari buahnya untuk menyegarkan badan dari udara gua yang pengap hehe.. di area parkir, banyak warung kecil yang menjual makanan dan kita pun menyantap makan siang disana sebelum menyetir lebih jauh menuju pantai Klayar..

OH MY GODDDD…!!!!!

perjalanan ke pantai Klayar adalah MENGGEMASKANNN!!!!!… ๐Ÿ˜ฎ ๐Ÿ˜ฎ

menanjak, menanjak, dan menanjak… dan ketika sampai di ujung tanjakan, langsung curam turun ke bawah sampai-sampai rasanya di ujung tanjakan itu seperti jalannya terpotong. Lagi-lagi, lebar jalan hanya bisa dilalui 1 mobil, dan ketika ada mobil datang dari arah depan maka salah satu harus mengalah dengan menaiki halaman penduduk ataupun memundurkan mobilnya.. untuk yang bawa mobil besar, harap sabar sepanjang 17km dari Goa Gong menuju pantai Klayar ๐Ÿ˜€

Ternyata ketika tiba, pantai Klayar worthedย untuk perjalanan yang susah dan jauh itu hehe ๐Ÿ˜‰ pantainya terbentang luas dan bersih dengan pasir putihnya. Dan di ujung garis pantai, seperti yang terkenal selama ini adalah suling lautย di antara tebing-tebing pantai Klayar ๐Ÿ™‚ pastinya saya menikmati selama mungkin siulan air laut yang menyembur dari karang tersebut untuk mengobati rasa lelah…

suling laut

ombak jalur selatan selalu besar ๐Ÿ˜›

Lagi-lagi kita puas bermain dan lupa waktu, hari sudah sore dan saya tidak mau terjebak di jalanan gila pantai Klayar di gelapnya malam; maka kami memutuskan untuk segera kembali menuju pantai Teleng Ria tempat kita menginap.. dan keesokannya, perjalanan kembali ke Malang dan mampir sejenak di pantai Prigi di Trenggalek sebelum akhirnya kembali ke Malang ๐Ÿ™‚

pantai Prigi terkenal sebagai pantai nelayan

pantai Pasir Putih – 3km dari pantai Prigi

sunset di pantai Prigi

NOTE : untuk pecinta surfing beginner, lebih baik mencoba di pantai Teleng Ria yang lengkap dengan pemandu surfing dan tempat persewaan surf board. Untuk expert, bisa langsung coba di pantai Srau yang harus berenang ke tengah dulu – banyak foreignerย yang memiliki bungalow di area pantai Srau (sekitar 3km dari pantai Klayar).

2 Comments

1. Pacitan Goa Gong Dan Pantai Klayar Liburan Murah | Tempat Wisata Indonesia
    Nov 25, 2011 @ 23:40:18

[…] keindahannya telah diakui seantero Asia Tenggara. Berbagai alasan logis seperti Baca Selengkapnya: http://liburanmurah.info/pacitan-goa-gong-dan-pantai-klayar ← Angel Di Maria Pemain Bola Terkenal Pemain […]

2. dudidu
    Sep 17, 2015 @ 10:27:51

Terimakasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di