Sungai bawah tanah Puerto Princesa

Sungai bawah tanah Puerto Princesa

Sungai bawah tanah Puerto Princesa

23 Juni 2013

Full day Underground River Puerto Princesa Tour, tulisan selengkapnya dapat dibaca juga di WEGO, yang ditulis oleh Andy Kristono, salah satu author WEGO 🙂
Panjang sungai bawah tanah Puerto Princesa ini mencapai 8 kilometer, terpanjang di dunia, tetapi untuk permit standart kita cuma bisa menjangkau 1,5 kilometer saja. Salah satu titik tertinggi di gua ini mencapai 65 meter, sangat tinggi untuk ukuran gua & menakjubkan! Pantas sungai bawah tanah di Puerto Princesa ini terpilih menjadi New7Wonder & UNESCO World Heritage..

pelabuhan dermaga Sabang

Tour hari ini agak deg-degan juga, sehari sebelumnya di tanggal 22 Juni semua trip ke Underground River dibatalkan, karena kondisi ombak yang lagi tinggi. Maklum di dalam sungai bawah tanah tersebut ada beberapa posisi yang cukup rendah, dan apabila ombak naik sampai dengan 1 meter, kapal tidak bisa lewat terhalang oleh stalagtit-stalakmit.

Untungnya hari ini semua acara dapat berjalan lancar, meskipun kita harus antri cukup panjang karena trip kemarin & hari ini digabung menjadi satu, sehingga akhirnya kita tidak bisa menikmati side trip ke Ugong Rock. Tapi tidak apalah, karena paling penting kita bisa melihat sungai bawah tanah Puerto Princesa ini secara langsung.. Sambil menunggu antrian kapal, kita makan siang dulu di salah satu resto dekat dermaga kapal dengan menu prasmanan all you can eat.

SONY DSC

Dari pelabuhan di Sabang, kita menuju ke titik terdekat menuju sungai bawah tanah. Mengisi daftar nama terlebih dahulu, untuk kemudian trekking singkat sekitar 10 menit, dan kita tiba di pintu masuk underground river. Di sini kita masih harus antri lagi, dan tersedia kapal kecil untuk 8-10 orang dengan pengayuh yang sekaligus menjadi tour guide kita yang akan menjelaskan tentang underground river dan berbagai bentuk stalaktit-stalakmit di dalamnya.

SONY DSC

Stalagtit & Stalakmit di sungai bawah tanah Puerto Princesa ada berbagai bentuk seperti buah-buahan, cucumber, jamur, sexy lady, katedral & 3 orang suci, bunda maria, Tuhan Yesus, dinosaurus, dan ikan. Area tertinggi di dalam sungai bawah tanah setinggi 65 meter. Sungai bawah tanah ini masih alami, dihuni oleh kelelawar sebanyak 41 ribu. Penerangan sendiri masih manual, yaitu diarahkan oleh salah satu peserta tour yang duduk di paling depan, dengan mengikuti petunjuk tour guide (ke arah kiri / kanan, dan seterusnya). Jadi jangan kaget apabila senter mati, serasa gelap gulita di dalam gua seperti yang kita alami. Untungnya tidak lama kemudian senter sudah bisa menyala kembali.

SONY DSC