Wisata Alam Pamukkale Turki

Wisata Alam Pamukkale Turki

Memasuki hari kelima perjalanan kita selama di Turki. Kali ini kita akan mengunjungi Wisata Alam Pamukkale Turki. Dikenal juga sebagai “cotton castle” alias istana kapas, bentukan alam di Pamukkale ini mirip travertine kapas putih, dengan air panas dari sumber air setempat.

Day 5. Selcuk-Pammukale 9 April

Pagi ini kita berangkat ke Denizli dari kota Selcuk. Oh ya, harap perhatikan, kereta dari Selcuk ada yg ke arah Izmir & Denizli, jadi hati-hati perhatikan platform kereta anda di jalur berapa, jangan sampai salah masuk kereta seperti kita, hehe.. Untungnya petugas kereta api di sana sigap dan segera memberitahukan bahwa kita salah masuk kereta.

Sesampainya di Denizli train station, mudah saja, kita tinggal keluar dari kantor train station ini, berjalan ke arah kiri, tidak lama kemudian di seberang jalan kita akan melihat bangunan besar Denizli Bus Station. Menyeberang jalan dan sampailah kita di Denizli bus station. Belum makan pagi, jadi kita sarapan dulu di sini, sambil beli tiket untuk keberangkatan malam nanti ke Goreme dengan menggunakan Metro Turizm. Kemudian kita ke lantai bawah untuk mencari dolmus menuju Pamukkale.

Acara kita hari ini keliling Pamukkale all day, kemudian malamnya tidur di bus dalam perjalanan ke Goreme, Cappadocia (10 jam). Kalau boleh menyarankan, supaya lebih puas keliling Pamukkale dalam 1 hari full, sebaiknya menginap di sekitaran Pamukkale ini. Kita sendiri menghabiskan waktu setengah hari di sini, tapi masih kurang puas rasanya.

Dolmus: semacam angkot, tapi bedanya di sana angkot sangat nyaman memakai mobil Mercedes Benz, hehe..

Tips Transportasi di Wisata Alam Pamukkale Turki

Sedikit tips di Pamukkale, begitu dolmus tiba di kota Pamukkale, anda bisa melanjutkan pindah dolmus lain yang menuju ke arah Karahayit, yaitu tepatnya berhenti di pintu utara / north entrance Pamukkale (Örenyeri Kuzey Giri?), sekitar 2 kilometer dari kota. Setelah itu anda bisa jalan kaki santai kalo cuaca memungkinkan, dari north entrance menuju ke cotton castle Pamukkale, Hierapolis, dan tempat lain di dalam Pamukkale ini. Selain itu tersedia shuttle vans, semacam dolmus di dalam kompleks Hierapolis/Pamukkale ini. Apabila sudah selesai, anda bisa menapaki travertine kolam air Pamukkale dengan alas kaki dicopot, untuk menuju ke gate kota / Town entrance. Dari sini anda bisa langsung menuju ke tengah kota Pamukkale untuk naik dolmus menuju ke Denizli.

Rute tersebut bisa anda balik, jadi misalnya sampai di kota Pamukkale, anda jalan kaki ke town Entrance, kemudian menapaki kolam air travertine Pamukkale sekitar 20-30 menit tanpa alas kaki (alas kaki dilarang dipakai di sini), dan kemudian berkunjung ke tempat wisata di sekitarnya, seperti Hierapolis dan lainnya. Dari sini bisa balik lagi ke town Entrance, atau jalan kaki ke North Entrance, kemudian naik dolmus dari North Entrance menuju ke tengah kota Pamukkale.

Harga Termurah untuk tour Goreme!

Akhirnya kita tidak dapat naik balon udara di Goreme karena faktor cuaca. Padahal harusnya kita mendapat penawaran terbaik dari travel agent di Pamukkale, yaitu cuman seharga:

  • Green Tour = 90 lira
  • Balloon Tour = 90 Euro!

Murah sekali, dibandingkan dengan harga di Goreme. Tapi repotnya, setelah itu balon dibatalkan, selama 3 hari berturut-turut kita menunggu balon, tapi karena faktor cuaca tidak dapat terbang. Akhirnya kita harus mengurus refund, dan karena travel agent di Pamukkale tidak punya kantor cabang di Goreme, kita harus mengurus refund dari partner mereka di Goreme. Tidak sulit, tapi lumayan memakan waktu, dan mungkin sebagai permintaan maaf, mereka memberi kita refund Euro dalam bentuk lira dengan kurs yang cukup tinggi dibandingkan money changer. Lumayan untuk tambahan belanja di Goreme 🙂