Wisata Sejarah Intramuros Manila & Rizal Park

Tram Intramuros Kalesa - Fort Santiago

Wisata Sejarah Intramuros Manila & Rizal Park

21 Juni 2013

Pagi hari ini rute kita akan mengunjungi wisata sejarah Intramuros Manila. Acara cukup santai, tidak seperti hari sebelumnya. Breakfast dulu di resto Makan-Makan hotel H2O. Buffet breakfast cukup lengkap dengan berbagai pilihan international & pilihan makanan khas Filipina, sesuai dengan standart hotel bintang lima. Sangat memuaskan menginap di Hotel H2O, direkomendasikan untuk turis yang datang bersama keluarga & berencana menghabiskan waktu seharian di Manila Ocean Park.

Manila Cathedral

Manila Cathedral

Jam 10 pagi kita naik taxi menuju ke wisata sejarah Intramuros Manila. Pertama-tama kita mengunjungi Manila Cathedral. Gedung Manila Cathedral ini termasuk salah satu gedung bersejarah di Intramuros. Salah satu yang paling megah dengan banyak ornamen arsitektur klasik Roman peninggalan masa pendudukan Spanyol di Filipina. Sayangnya waktu kita ke sana, interior bangunan gereja ini belum bisa dilihat. Berita gembiranya di tahun 2014 Manila Cathedral sudah dibuka kembali. Bulan Januari 2015 pemimpin umat Katolik dunia Paus Fransiskus mengadakan misa bersama di Manila Cathedral ini.

SONY DSC

Casa Manila

Casa Manila merupakan salah satu museum bersejarah di kawasan Intramuros. Di sini kita dapat melihat bangunan rumah tinggal yang menggambarkan lifestyle, kehidupan orang di rumah tinggal pada masa pendudukan Spanyol jaman dahulu.

San Agustin Church Manila

San Agustin Church

Selain Manila Cathedral, gereja Katolik Roma lainnya di sekitar Intramuros yaitu San Agustin Church. Merupakan salah satu gereja di Filipina yang menjadi World Heritage (bangunan peninggalan warisan dunia). Khusus untuk gereja San Agustin, bangunan ini terpilih menjadi World Heritage karena merupakan salah satu dari 4 bangunan gereja di Filipina yang dibangun pada masa pendudukan Spanyol dengan arsitektur Baroq (Baroque Churches of the Philippines). Desain arsitekturnya berbeda dengan arsitektur klasik Roman di Manila Cathedral.

Interior Gereja San Agustin Manila

Harus menunggu sedikit lebih lama di San Agustin Church, karena baru dibuka pada jam 12.00. Kita ingin melihat ke dalam interior bangunan, yang terkenal dengan desain interior bangunan gereja yang cantik & detailnya menyerupai bangunan gereja di Eropa. Persis jam 12.00 dibuka, kita segera masuk untuk berfoto kemudian berdoa sebentar di dalam gereja.

Setelah itu kita bergegas kembali ke hotel H2O, karena sudah harus check out jam 1 siang untuk kemudian langsung menuju airport T3 dan segera berangkat ke Puerto Princesa. Untungnya masih sempat makan siang di fastfood Jolibee yang terdapat di bandara T3.

* Tambahan:

Sehari sebelumnya, saya sempat mampir seorang diri ke Rizal Park & Fort Santiago. Berikut tambahan foto-foto di bawah ini, mulai dari Rizal Park, Fort Santiago, sampai dengan Palacio del Gobernador & Casa Manila.

Rizal Park Manila Wisata Sejarah Intramuros Manila - Fort Santiago SONY DSC SONY DSC SONY DSC SONY DSC