Berbagai Tiket Pass di Jepang

Berbagai Tiket Pass di Jepang

Berbagai Tiket Pass di Jepang

Ada bermacam-macam day pass maupun combo ticket di Jepang ini. Awalnya saya agak bingung memilih, tapi setelah menimbang-nimbang, berikut berbagai tiket pass di Jepang yang saya pakai. Yang menurut saya cukup berguna untuk trip di Jepang kali ini yaitu:

Berbagai Tiket Pass di Jepang (dalam kota)

Tokyo & Kawaguchiko

Untuk Tokyo Subway Ticket yang berlaku 72 jam, berguna banget menurut saya. Lumayan hemat jadinya selama 3 hari muter2 di Tokyo. Bisa dibaca di postingan “Biaya Liburan Murah Jepang“, biaya untuk transportasi selama di Tokyo kebanyakan sudah tercover tiket Tokyo Subway 72 hours ini.

Tiket Tokyo Subway ini dapat dibeli di bandara international Tokyo, baik di Haneda maupun Narita. Kalo tidak salah, hanya berlaku untuk tourist alias bukan warga negara Jepang.

Osaka & Kyoto

Buss Pass gunanya untuk keliling kota Kyoto, yang dapat dijangkau secara menyeluruh dengan jaringan bus. Sedangkan subway di Kyoto masih belum bisa menjangkau sebagian daerah.

Untuk Keihan Kyoto Osaka Pass, saya gunakan untuk keliling Kyoto selama 1 hari, start pulang-pergi dari Osaka. Rute saya menuju ke Gion, Kiyomizu, & Fushimi Inari. Sedangkan Hankyu Tourist Pass, saya pakai dari Osaka menuju ke Arashiyama pulang pergi di hari yang berbeda.

Pembelian tiket pass bisa di-cek di masing-masing website pass di atas, karena tiket Keihan maupun Hankyu hanya tersedia di stasiun kereta yang rutenya dilalui oleh kereta Hankyu mapun Keihan.

Catatan: semua harga di atas berlaku pada Januari 2018, waktu trip saya ke Jepang, hehe..

Berbagai Tiket Pass di Jepang lainnya

Selain kartu Pass & Combo Ticket Japan Rail Pass & Bus Pass di Jepang untuk dalam kota, ada berbagai pass & combo ticket lain yang berlaku dalam 1 daerah, seperti misalnya Kansai Pass, atau yang paling banyak dipakai mungkin JRP atau Japan Rail Pass, yang biasanya sudah dibeli dulu oleh para turis Indonesia sebelum berangkat ke Jepang. Dari hasil survei saya tentang day pass & combo ticket di Jepang, berikut berbagai tiket pass di Jepang yang berlaku di 1 daerah:

  • Japan Rail Pass
  • Japan Buss Pass
  • Kansai Thru Pass (Osaka – Kyoto dan sekitarnya)
  • Shoryudo Bus Pass (area Central Japan: Kanazawa – Takayama – Shirakawago) di luar Shin Hotaka
  • Tokyo Wide Pass (Gala Yuzawa & Nikko)
  • Hokuriku Pass (Osaka ke Central Japan: Alpine Tateyama – Kanazawa – Takayama – Shirakawago)

Kebetulan saya hanya memakai day pass & combo ticket yang berlaku di 1 kota saja, sedangkan rute antar kota saya dengan menggunakan bus. Jadi belum sempat memakai combo ticket di atas. Kemungkinan apabila pergi ke Jepang lagi, Tokyo Wide Pass & Shoryudo Bus Pass kelihatannya menarik. Pengin ke Gala Yuzawa & Nikko, melihat berbagai pemandangan alam di Jepang lainnya. 🙂

Ada yang tahu, berbagai tiket pass di Jepang lainnya? Karena banyak banget pilihan tiket pass di Jepang, jadi yang saya ulas sementara hanya yang saya pakai di atas. Mungkin teman-teman bisa kasih masukan di komen di bawah ini ya, semoga catatan saya di atas bisa membantu teman-teman yang akan merencanakan bepergian mandiri ke Jepang.

Untuk yang membutuhkan rekomendasi penginapan murah Jepang di kota Tokyo, Osaka, Kawaguchiko dan Takayama, bisa dibaca di postingan berikut ini:

Penginapan Murah di Jepang

Salam Liburan Murah.. 🙂

Leave a Reply