Cara Pesan Tiket Bus di Jepang

Cara Pesan Tiket Bus di Jepang

Cara Pesan Tiket Bus di Jepang

Berikut adalah beberapa cara pesan tiket bus di Jepang, selama perjalanan kita ke Jepang. Mudah, cukup nyaman, dan yang pasti ON TIME. Kenapa naik bus, kok nggak naik Shinkansen saja?

Hehe, pasti banyak yang bertanya hal yang sama seperti di atas. Penjelasannya karena rute perjalanan saya menuju ke Central Japan yaitu dari Tokyo – Kanazawa / Takayama – Osaka, lama perjalanan tidak berbeda jauh antara bus dengan kereta. Selain itu, dengan naik bus kita tidak perlu repot berpindah jalur seperti naik kereta yang perlu berpindah jalur transit 2-3x.

Hal ini sangat memudahkan untuk mobilisasi perjalanan saya bersama dengan anak & orang tua yang membawa tas cukup banyak, apalagi kita traveling di waktu winter dengan bawaan baju tebal cukup banyak. Dan yang terakhir, tentu saja sesuai dengan tujuan blog Liburan Murah, karena harga tiket bus yang jauh lebih murah dari tiket kereta. Perbedaan harga bahkan bisa hampir separuhnya.

Cara Pesan Tiket Bus di Jepang – Langsung di Bus Station / Counter Bus

Kalo cara pesan tiket bus di Jepang yang satu ini paling mudah, tinggal datang ke counter, kemudian pesan langsung. Cuman yang dikhawatirkan kalo musim liburan, takutnya kehabisan tiket bus. Apalagi kita bepergian bareng keluarga ber-10, misalnya cuman ada tiket bus 8 orang, yang 2 orang harus menyusul di jam berikutnya, atau jangan-jangan hari berikutnya, hehe..

Pengalaman saya untuk pesan langsung di counter bus, yaitu pada hari pertama saya datang ke Tokyo, tepatnya di International Airport Haneda. Karena pemesanan khusus airport bus, kita tidak bisa pesan malam sebelumnya, harus di hari-H, jadi kita tidur menunggu di airport dulu sampai dengan pagi hari.

Mereka buka on time jam 5 pagi. Begitu buka, semua petugas sepertinya mengucapkan kata selamat datang (mungkin yah, maklum gak ngerti bahasa Jepang, xixi..), dan kemudian melayani customer sesuai antrian. Di depan antrian saya mungkin sudah ada 10 orang, tapi tidak butuh waktu lama paling 5-10 menit saja saya sudah mendapatkan tiket bus tujuan saya, dari Haneda ke Kawaguchiko Station. Jangan lupa yah, keberangkatan bus di Jepang ini on time banget. Kalo bisa diusahakan datang 15 menit sebelum jadwal berangkat, daripada ketinggalan bus & harus beli tiket baru.

Cara Pesan Tiket bus di Jepang – BOOKING ONLINE

Kalo yang ini merupakan cara pesan tiket bus di Jepang yang paling mudah. Tinggal duduk di depan laptop, dan pesan tiket bus secara online. Bisa pesan lebih awal 1 bulan sebelumnya & di sebagian website kita bisa memilih tempat duduk secara online juga. Ada berbagai list website booking online tiket bus di Jepang yang kita pakai, selama perjalanan ke Jepang.

Rute kita sebagai berikut:

Rute Tokyo – Kawaguchiko

Dari yang saya googling & baca blog, naik kereta apalagi yang punya JR Pass mungkin bisa lebih murah ya. Cuman lagi-lagi, harus berpindah kereta. Sedangkan dengan naik bus, kita bisa langsung dari Kawaguchiko Station menuju ke Shinjuku Station.

Rute Tokyo – Kanazawa

Nah, kalo yang satu ini ada rute direct dengan menggunakan kereta cepat Jepang / Shinkansen. Cuman dengan naik night bus, kita bisa mengirit 1 malam menginap di bus yang ternyata cukup nyaman juga. Kita pesan 2 tiket bus yang berbeda, yaitu dengan tiket bus yang lebih mahal dengan pengaturan seat cuman 3 baris dan kamar mandi dalam (untuk orang tua). Sedangkan Willer bus yang lebih murah, dengan pengaturan 2-2 (4 baris) dan tidak ada kamar mandi dalam. Tapi jangan khawatir, bus ini akan berhenti 20 menit setiap 2-3 jam sekali kok..

Rute Takayama – Osaka

Sama seperti rute Tokyo – Kanazawa, bedanya rute Takayama – Osaka ini tersedia bus dengan pengaturan tempat duduk 2-2, dan juga tersedia kamar mandi dalam. Kalo rute kereta Takayama – Osaka, harus transit dahulu, sedangkan keuntungan bus bisa direct langsung ke Osaka. Total waktu dengan kereta 3,5 jam-an kalau saya lihat di Google, sedangkan menggunakan bus 5 jam on time, sudah sampai di Osaka. Bedanya cuman 1,5 jam saja, masih masuk di jadwal rencana perjalanan kita. Apalagi mengingat harga yang beda hampir 2x-nya, hehe..

Website booking online bus di Jepang yang kita pakai antara lain:

JapanBusOnline.com

JapanBusOnline kita pakai untuk memesan tiket bus dari Kawaguchiko ke Shinjuku. Mudah & simpel prosesnya, kita pesan di sini karena banyak pilihan jam, tiap beberapa jam sekali ada keberangkatan bus.

HighwayBus.com & Highway-Buses.jp

Kalo yang ini kita gunakan untuk pesan bus jarak jauh, selain bus Willer yah. Salah satu tiket bus VIP (dengan pengaturan seat lebih lega & ada kamar mandi dalam) dari Tokyo-Kanazawa kita pesan melalui website ini.

WillerExpress.com

Nah, kalo Willer ini kelihatannya salah satu operator bus terjangkau yang paling banyak pilihan rute & bus di Jepang. Mungkin untuk tiket bus jarak jauh, saya merekomendasikan pakai Willer ini. Tersedia berbagai pilihan bus mulai dari yang murah sampai dengan mahal, dan juga sesekali ada promo harga tiket.

NouhiBus.co.jp

Untuk area Central Japan, yaitu untuk pemesanan bus dari Kanazawa ke Shirakawa-go, kemudian dari Shirakawa-go ke Takayama, saya memesan melalui website Nohi Bus ini. Begitu juga dengan combo paket bus Nohi dan cable car Shin Hotaka, include makan siang.

HND-Bus.com & Japanican.com

Berikutnya yaitu bus yang berangkat dari Haneda Airport. Bisa juga dipesan secara online, tapi sayangnya tidak bisa untuk pemesanan banyak orang, karena maksimal slot yang tersedia cuman untuk 8 orang saja. Yaitu di Japanican.com.

Rest Area Bus di Jepang

Harga Tiket Bus Jepang

Dengan rute perjalanan dari Tokyo – Kanazawa – Shirakawago – Takayama – Osaka, harga tiket bus saya yaitu:

  • Bus malam Tokyo-Kanazawa: Rp. 1,1 juta (VIP Bus)
  • WILLER Tokyo-Kanazawa: Rp. 710 ribu (Standart Bus)
  • HIGHWAYBUS Kawaguchiko-Shinjuku: Rp. 217 ribu
  • Kanazawa-SHIRAKAWA: Rp. 230 ribu
  • SHIRAKAWA-Takayama: Rp. 308 ribu
  • Takayama-Osaka: Rp. 582 ribu

* Kurs rupiah sesuai kurs waktu saya pergi, yaitu di bulan Desember 2017-Januari 2018.

Leave a Reply