Cara Termudah menuju Labuan Bajo

Cara Termudah menuju Labuan Bajo

Cara Termudah menuju Labuan Bajo

Berikut saya coba ulas beberapa cara termudah menuju Labuan Bajo, yang merupakan gerbang kota pelabuhan menuju ke kepulauan Komodo. Kita bisa terbang dulu menuju Denpasar atau Kupang dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Labuan Bajo, atau sekarang ini juga sudah tersedia beberapa penerbangan langsung (direct) dari Jakarta / Surabaya menuju Labuan Bajo. Namun, jika bujet terbatas, kapal Pelni adalah pilihan transportasi termurah, selain menggunakan bus antar-pulau.

Jadwal penerbangan dan kapal laut sering kali mengalami perubahan. Informasi terkini tentang hal itu bisa dicek di masing-masing website maskapai dan kapal laut atau dibeberapa website berikut:

  • www.labuanbajo-flores.com/how-to-get-to-flores-island.htm
  • www.gokomodo.org/plan.html

Pesawat (dari Denpasar) – Cara Termudah menuju Labuan Bajo

Beberapa maskapai penerbangan yang dulunya melayani rute Denpasar (DPS) – Labuan Bajo (LBJ), antara lain:

  • Wings Air/Lion Air (www.lionair.co.id). Jika membeli tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, estimasi harga sekitar Rp1 – 1,5 juta pulang-pergi.
  • Batik Air, melayani rute direct dari Surabaya / Jakarta.
  • Kalo yang terbaru di 2019 ini, kelihatannya maskapai yang melayani rute Denpasar (DPS) – Labuan Bajo (LBJ) yaitu Batik Air, Wings / Lion, NAM, dan Garuda Airlines.

Penerbangan tersebut tersedia setiap hari sehingga memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung ke Labuan Bajo. Harga tiket dapat dicek di masing-masing website maskapai penerbangan. Kadang, tarif penerbangan dengan membeli secara online—terutama saat promosi—bisa jadi lebih murah ketimbang harga tiket pesawat di agen perjalanan.

Untuk menghemat ongkos tiket pesawat, terkadang kita bisa menyiasati dengan menggunakan budget airline dari Jakarta atau Surabaya untuk menuju Denpasar. Misalnya saja dengan Citilink atau AirAsia. Tarif promosi termurah budget airline sekitar Rp400 ribu hingga Rp500 ribu. Baru kemudian dari Denpasar – Labuan Bajo bisa menggunakan Batik Air, Wings / Lion, NAM, atau Garuda Airlines yang ongkosnya sekitar Rp2 juta hingga Rp3,5 juta pulang-pergi. Jadi, total pengeluaran tiket pesawat mulai dari Rp3 juta hingga Rp4,5 juta. Coba saja mengutak-atik biaya pesawat langsung (direct) dari Jakarta / Surabaya ke Labuan Bajo. Dibandingkan dengan Jakarta / Surabaya ke Denpasar, baru kemudian dari Denpasar ke Labuan Bajo, mana yang lebih murah 🙂

Hanya saja, kita harus mempertimbangkan faktor keterlambatan pesawat. Penggunaan maskapai penerbangan yang berbeda kadang membuat kita sedikit repot. Misalnya saja, jika jadwal penerbangan sebelumnya terlambat, otomatis tiket pesawat lanjutan kita akan hangus. Jadi dengan mempertimbangkan segi keamanan, pilihan terbaik adalah membeli tiket transit saja sehingga tidak terjadi risiko tiket hangus jika penerbangan sebelumnya mengalami keterlambatan.

Tips Mendapat Tiket Murah ke Labuan Bajo

Traveloka atau Tiket.com beberapa kali mengadakan promo tiket pesawat murah. Jadi jika ingin berwisata murah meriah, kita sebaiknya berlangganan newsletter online travel agent tersebut atau maskapai penerbangan (lewat e-mail) agar tidak ketinggalan informasi tiket pesawat murah ke Labuan Bajo.

Bandara Lama Labuan Bajo

Kapal Laut – Cara Termudah menuju Labuan Bajo

Selain pesawat, alternatif transportasi lainnya adalah naik feri yang berangkat dari Benoa (Bali) dengan tujuan Bima dan Labuan Bajo. Atau, jika kita berada di Sulawesi, kita bisa naik feri dari Bira (190 km dari Makassar) langsung menuju Labuan Bajo. Perjalanan dengan kapal feri ini bisa memakan waktu lebih dari 1 hari.

Dari Bira. Dari Bira, kita bisa menumpang kapal feri roro KMP Sangke Palangga. Sayangnya, jadwal keberangkatan kapal hanya sekali dalam seminggu. Jadi, meski harga tiketnya lebih murah, mengatur waktu perjalanan pun akan terasa sulit.

Dari Benoa (Bali). Untuk menuju Labuan Bajo, kita bisa menggunakan kapal Pelni KM Tilongkabila atau KM Wilis. Kapal tersebut menyediakan kamar kelas 1 (berisi 2 orang), kamar kelas 2 (berisi 4 orang), dan kelas ekonomi. Perjalanan menggunakan kapal cukup memakan waktu, yaitu sekitar 36 jam dengan ongkos sekitar Rp500 ribu (kamar VIP atau kelas 1 dengan kamar mandi dalam dan sudah termasuk makan) dan Rp100 ribu untuk ekonomi (kamar ekonomi seperti barak dengan puluhan tempat tidur, tetapi ber-AC). Jadwal kapal terbaru dapat dilihat di website Pelni www.pelni.co.id.

Kapal Tilongkabila yang melayani rute Lombok – Bajo berangkat pukul 15.00 dan tiba esok hari pukul 19.00. Tarifnya Rp580 ribu untuk kamar kelas satu (berisi 2 orang ), Rp475 ribu untuk kamar kelas dua (berisi 4 orang ), dan Rp155 ribu untuk kelas ekonomi.

Perjalanan Darat – Cara Termudah menuju Labuan Bajo

Untuk perjalanan darat kita bisa menggunakan travel atau bus antar-kota dengan tujuan Bajawa, Ruteng, Ende, hingga Maumere.

Lombok – Bima, kita bisa menggunakan bus (bus besar AC jurusan Jakarta – Bima). Bus ini biasanya memiliki tempat duduk 2-2 cukup nyaman. Harga tiket tidak sampai Rp200 ribu dengan waktu tempuh 12 jam. Setelah tiba di Bima, perjalanan bisa dilanjutkan menuju Sape dengan naik bus (non-AC dan tidak terlalu nyaman) dengan ongkos Rp20 ribu dan waktu tempuh 2 jam.

Setibanya di Sape, kita harus menggunakan transportasi laut untuk tiba di Labuan Bajo. Terdapat layanan kapal feri yang melayani rute Labuan Bajo – Sape setiap hari dengan tiket sekitar Rp50 ribu. Waktu tempuhnya 8 jam. Feri dari Sape menuju Labuan Bajo beroperasi pagi atau sore hari dan keberangkatannya dapat ditunda sewaktu-waktu bergantung kondisi cuaca. Meski rute ini bisa ditempuh kapan saja, lamanya perjalanan membuat kita lelah.

TIPS Cara Termudah menuju Labuan Bajo

Cara termudah menuju Labuan Bajo tetap dengan menggunakan pesawat. Tapi moda transportasi darat dan laut bisa jadi pilihan termurah menuju Labuan Bajo. Tentu saja yang murah sedikit lebih ribet, hehe.. Dan kita pun harus pertimbangkan waktu yang terbuang cukup banyak. Jadi apabila waktu kita terbatas, kita sebaiknya menabung terlebih dahulu agar bisa menggunakan moda transportasi udara yang sampai kini masih cukup mahal.

Leave a Reply