Liburan Murah Labuan Bajo

Liburan Murah Labuan Bajo

Liburan Murah Labuan Bajo

Berbeda dengan ke luar negeri, liburan murah Labuan Bajo sangat mudah. Kita pun tidak perlu takut terhadap berbagai kendala karena:

  • Wifi everywhere! Layanan wifi tersedia, baik di hotel maupun restoran dan kafe di sekitar Labuan Bajo. Jadi, jangan khawatir. Selama di sana kita masih bisa eksis di dunia maya. Sayangnya, selama di kapal menuju pulau-pulau di Taman Nasional Komodo, kita akan kesulitan terhubung internet karena tidak tersedianya wifi dan signal beberapa provider telekomunikasi sering kali menghilang.
  • Tidak ada kendala bahasa. Kita bisa menggunakan bahasa Indonesia karena masih berada di tanah air. Masyarakat Labuan Bajo mahir menggunakan bahasa Indonesia.
  • Beberapa hotel di Labuan Bajo sudah memiliki website sehingga kita dapat melihat kondisi kamar sebelumnya. Meskipun kondisi kamar sebenarnya belum tentu seindah seperti foto di website, paling tidak kita sudah bisa membandingkan harga dan lokasi hotel.
  • Proses pembayaran deposit atau down payment sewa kapal atau kamar hotel cukup mudah karena hanya melalui proses transfer antar-bank di Indonesia. Biasanya proses pembayaran melalui bank BNI—sudah ada di Labuan Bajo.
  • Sewa kapal di Pelabuhan Labuan Bajo cukup murah. Setelah melakukan survei kepada beberapa kapten kapal lokal, biaya sewa menuju Taman Nasional Komodo cukup terjangkau, apalagi jika kita bisa berbagi biaya dengan banyak teman.
  • Transportasi dalam kota Labuan Bajo murah meriah.

TRANSPORTASI

Dalam Kota – Liburan Murah Labuan Bajo

Untuk berkeliling Labuan Bajo, transportasi yang bisa diandalkan adalah ojek, menyewa bemo, atau angkot. Untuk menuju objek-objek wisata, ongkosnya dari hotel sekitar Rp5 ribu untuk ojek (jauh dekat) dan Rp20 ribu untuk sewa bemo atau angkot.

Di hotel tempat kita menginap, kita dengan mudah bisa menemukan mobil sewaan. Pilihan transportasi lain seperti angkot dan ojek dengan mudah dapat dijumpai di setiap sudut kota dengan ongkos mulai Rp3 ribu.

Bandara

Untuk menuju pusat kota, kita bisa menggunakan ojek dengan ongkos Rp5 ribu atau mobil dengan ongkos Rp50 ribu

Pelabuhan

Kapal-kapal dari luar pulau bersandar di pelabuhan ini. Letaknya persis di pusat kota Labuan Bajo, yang bisa dijelajahi hanya dengan berjalan kaki.

Luar Kota- Liburan Murah Labuan Bajo

Untuk berkeliling tempat wisata di sekitar kota Labuan Bajo, kita dapat menggunakan jasa penyewaan mobil dengan tarif berkisar maksimal Rp500.000 per hari, bergantung negosiasi.

Transportasi umum antar-kota seperti mobil Elf kurang begitu nyaman. Selain kondisi mobil yang sudah tua, tempat duduknya kurang nyaman, tidak berpendingin, serta kita harus rela berdesak-desakan dengan masyarakat setempat yang biasanya membawa banyak barang bawaan. Namun, jika kita ingin merasakan dinamika penduduk setempat dengan naik transportasi lokal, kita bisa menggunakan mobil Elf ini.

Travel

Alternatif pilihan transportasi antar-kota yang cukup nyaman adalah travel-antar kota, yaitu:

  • Travel Gunung Mas (Jl. Dr. Soetomo—depan SMAK Loyola, telp. 0385-41899, HP: 0852 3932 2000, 081339380830)
    Rute yang dilayani travel ini adalah Labuan Bajo menuju Ruteng, Maumere, Ende, maupun Bajawa, dengan berpindah trayek travel. Ongkosnya sekitar Rp260 ribu untuk rute Labuan Bajo – Maumere dan Rp180 ribu untuk Labuan Bajo – Ende (tahun 2012)
    Semua rute tersebut biasanya ditempuh dari Labuan Bajo menuju Ruteng terlebih dahulu, dengan jadwal keberangkatan (Labuan Bajo – Ruteng) pukul 07.00, 09.00, 13.00, dan 15.00.
  • Bensa Ekspress (08129738591, 081288093692)
  • Benteng Travel (085238417777)

Pilihan Bus/Minibus

Untuk menuju kota lain di Pulau Flores, kita juga bisa menggunakan bus atau minibus yang berangkat dari kota Labuan Bajo ini. Pilihan bus tersebut antara lain:

  • Bus Buana Mas (Jl. Bhayangkara No.14, telp. 0385-21302)
  • Bus Nusa Intan (Jl. Yos Sudarso No.5, telp. 0385-22750)
  • Untuk bus menuju Bajawa, kita bisa dengan menggunakan bus Gemini, yang dapat dipesan dari hotel tempat kita menginap (penjemputan langsung di hotel).

Agen Perjalanan

Di sepanjang Jalan Soekarno Hatta terdapat beberapa agen perjalanan lokal, di antaranya:

  • Perama Tours
    Telp: + 62 (0) 385 – 42015 / 16
    E-mail: [email protected]
    Website: www. Peramatour.com
    Tour & travel ini merupakan cabang dari Bali dengan kantor pusat di jl. Legian No. 39 Kuta Bali (telp. +62 0 361 751 875/750 808). Cabangnya sudah ada di beberapa daerah, salah satunya di Labuan Bajo. Selain carter bus, mereka juga memiliki beberapa kapal Perama dengan rute ke Taman Nasional Komodo.
  • GoKomodoTour.com
    Alamat: Jl. Soekarno Hatta, Labuan Bajo
    Mobile: + 62 (0) 81339462381, + 62 (0) 8125020781
    E-mail: [email protected]
    Website: www.gokomodotour.com
  • Flores ExoticTours.com
    Alamat: Jalan Wae Bo, Lancang, Kel.Wae Kelambu, Labuanbajo
    Mobile: +6285253811110
    E-mail: [email protected]
    Website: www.FloresExoticTours.com
    Agen perjalanan ini memiliki kantor pusat di Jalan Kakatua 8 Ngencung Ruteng 86511 Flores, East Nusa Tenggara (telp: +62 385 270 50 22)

SONY DSC

AKTIVITAS Liburan Murah Labuan Bajo

Menikmati objek-objek wisata di Labuan Bajo. Ada beragam objek wisata menarik di Labuan Bajo, seperti wisata alam (pantai, gua, air terjun, gunung), budaya (rumah-rumah adat), rohani, dan sebagainya.

Hiking dan trekking. Di Taman Nasional Komodo, kita bisa melakukan aktivitas trekking yang tidak terlalu berat tanpa peralatan khusus untuk hiking dan trekking sambil mengamati komodo. Selama perjalanan saya di Taman Nasional Komodo, saya dan beberapa teman hanya mengenakan sandal gunung, dan masih aman-aman saja. Berbeda dengan perjalanan menuju pegunungan seperti Gunung Rinjani di Lombok, yang membutuhkan sepatu khusus trekking.

Diving dan Snorkeling. Taman Nasional Komodo juga terkenal keindahan bawah lautnya. Misalnya saja Manta Point atau Karang Makassar. Di sana ada banyak orang bule maupun Jepang yang melakukan aktivitas diving. Namun, karena tidak memiliki sertifikat diving, saya dan teman-teman cukup puas menikmati keindahan berbagai hewan dan karang laut dengan ber-snorkeling. Peralatan snorkeling bisa disewa di Pelabuhan Labuan Bajo.

PERSIAPAN PERLENGKAPAN

Selain cuacanya sangat terik saat musim kemarau, Labuan Bajo juga merupakan endemi malaria. Jadi persiapkan fisik kita jika ingin berkunjung di sana. Berikut ini adalah beberapa perlengkapan yang harus disiapkan:

  • Sepatu atau sandal. Minimal, sediakan sepatu sport yang cukup kuat untuk trekking (tidak perlu sepatu khusus trekking) atau sandal gunung
  • Celana atau baju berenang
  • Krim tabir surya (sunblock cream)
  • Peralatan snorkeling (cukup menysewa saja jika memang tidak terlalu sering dipakai)
  • Selimut (terkadang kru kapal sudah menyediakannya)
  • losion anti nyamuk dan obat anti-malaria
  • Topi dan kacamata hitam untuk melindungi mata dan kepala dari teriknya matahari
  • Berbagai perlengkapan standar traveling lainnya (perlengkapan mandi, obat-obatan standar, kamera, charger, dan lain sebagainya)

Leave a Reply