Panduan Wisata Turki

Panduan Wisata Turki

Panduan Wisata Turki

Sesuai dengan judulnya, di postingan ini akan saya tuliskan panduan wisata Turki, sesuai pengalaman saya. Nantinya postingan akan saya update, apabila ada tambahan link tulisan tentang Turki yang saya tulis di blog Liburan Murah.

Sebagai acuan awal, mungkin bisa baca dulu tulisan saya tentang Turki di:

Sedangkan untuk catatan perjalanan kita selama di Turki terbagi menjadi 6 tulisan, dapat dibaca di:

Setelah itu baru melanjutkan panduan wisata Turki berikut ini. Panduan saya bagi menjadi 4 H.E.A.T. seperti rencana traveling saya sebelumnya, yaitu Hotel – Eat – Attraction – Transportation.

Panduan Wisata Turki – Hotel

Tersedia berbagai pilihan penginapan di Turki, mulai dari hostel / guest house, sampai dengan hotel. Di Istanbul, kita memilih menginap di hostel dengan dorm / ranjang susun. Sedangkan di Selcuk, kita menginap di guest house. Yang unik yaitu di Cappadocia, tepatnya di kota Goreme, kita bisa menginap di hotel gua, dengan harga yang menurut saya masih cukup terjangkau. Pengalaman menginap di hotel gua dengan pemandangan sekitarnya yang sangat cantik ini juga tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Sangat direkomendasikan menurut saya!

Yang paling penting untuk penginapan, baca review traveler seperti di TripAdvisor. Googling lokasi hotel di google map, apakah penginapan tersebut lokasinya cukup strategis dan walking distance dari bus station / dolmus. Pelajari juga rute dari penginapan tersebut menuju pusat transportasi terdekat.

Panduan Wisata Turki – Eat

Cari makan murah di Turki juga tidak sulit. Banyak stall kebab di pusat kota atau tempat wisata, dengan harga yang terjangkau. Tips saya mungkin selalu tanya harga di awal yah, tapi sebagian besar kedai / depot / resto sudah menyediakan menu lengkap dengan daftar harga. Dengan kurs Turki yang melemah di tahun 2018 ini, semakin murah saja biaya makan di Turki. Tapi semoga ekonomi Turki bisa semakin membaik yah.. 🙂

Panduan Wisata Turki – Attraction

List biaya untuk masuk tempat wisata yang saya kunjungi dapat dilihat di postingan biaya di atas. Saya rasa masih cukup terjangkau yah, dan worth it untuk didatangi. Lokasi tempat wisata juga rata-rata mudah untuk dikunjungi karena berdekatan dengan transportasi umum. Minimal biasanya tersedia dolmus (angkot) yang dapat membawa kita ke stasiun bus / kereta terdekat.

Panduan Wisata Turki – Transportation

Nah, yang ini biasanya yang menjadi kehawatiran orang yang akan melakukan perjalanan mandiri ke Turki. Jangan khawatir, sistem transportasi umum di Turki sudah cukup baik. Di Istanbul, transportasi dalam kota seperti bus, metro (subway) dan tram sudah bisa menjangkau hampir semua bagian kota Turki, terutama tempat wisata utamanya.

Sedangkan transportasi antar kota, yang kita coba mulai dari pesawat domestik (yang kita pilih Pegasus Airlines waktu itu), kereta, sampai dengan bus antar kota. Semuanya berjalan on time dan mudah untuk menjangkau ke pusat kota.

Yang cukup sulit transportasinya mungkin pada waktu kita dari Ephesus, menuju ke House of Virgin Mary. Di sini kita harus naik taxi dari Ephesus menuju ke House of Virgin Mary, dan kembali ke kota Selcuk. Harganya cukup mahal juga, tapi memang tidak ada alternatif transportasi lainnya.

Oh ya satu lagi, bandara International di Istanbul ada 2, yaitu Ataturk & Sabiha Gokcen. Bagi Anda yang menginap di pusat kota, kalo bisa memilih, mending pilih mendarat di bandara Ataturk. Karena di bandara ini sudah terkoneksi transportasi umum sampai dengan pusat kota. Sedangkan dari bandara Sabiha Gokcen, kita harus berhenti dulu untuk kemudian naik taxi. Di sini yang saya rasa kok rawan scam taxi, yaitu kita harus bayar tarif taxi yang cukup mahal.

Itu saja beberapa tips panduan wisata Turki dari kita. Akan kita tambahkan apabila teringat sesuatu, atau kalo ada tulisan baru tentang Turki yah. Semoga bisa membantu.. 🙂

2 Comments

  1. Ory
    Oct 16, 2018 @ 03:40:53

    gimana Dik, dapat info promo tiketnya? masuk ke link atau harus ada syarat untuk dapat infonya ?

    Reply

    • andykristono
      Nov 15, 2018 @ 15:09:11

      Paling mudah bisa langganan email newsletter promosi dari masing2 airlines, atau ikut komunitas / group FB traveling, siapa tau ada yg menginformasikan tiket promo murah..

      Reply

Leave a Reply