Penginapan Murah di Jepang

Penginapan Murah di Jepang

Penginapan Murah di Jepang

Hotel, Hostel, Guest House, atau Ryokan?

Bingung memilih penginapan murah di Jepang? Sama, saya juga, hehe.. Terutama karena rombongan keluarga & teman dekat saya cukup banyak, lebih dari 10 orang. Alternatif penginapan murah di Jepang yang saya pilih antara lain:

  • Hotel
  • Hostel
  • Guest House / Rumah Pribadi seperti di AirBnB
  • Ryokan

Saya coba jelaskan satu persatu yah..

Hotel – Penginapan Murah di Jepang

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, hotel murah di Jepang umumnya yaitu budget business hotel. Tipe hotel ini antara lain yaitu jaringan hotel MyStays, APA Hotel, Toyoko Inn, atau Comfort Inn. Berhubung hotel ini merupakan tipe budget business hotel, yang dipentingkan yaitu kenyamanan tamu hotel dalam menginap, tapi biasanya minim fasilitas. Tidak semua hotel mempunyai restaurant, dan apabila ada fasilitas tambahan yaitu berupa onsen, yang merupakan tempat favorit orang lokal Jepang untuk melepas lelah setelah pulang kerja.

Hostel – Penginapan Murah di Jepang

Untuk trip kali ini, saya tidak memilih hostel. Dikarenakan membawa orang tua, jadi saya lebih memilih yang (kalo bisa) kamar mandi dalam. Misalnya ada yang kamar mandi luar pun, saya memilih yang satu lantai antara kamar dengan kamar mandinya. Selain itu juga diutamakan yang ada lift, supaya orang tua tidak berat naik turun tangga.

Guest House – Penginapan Murah di Jepang

Guest house atau rumah pribadi seperti di AirBnB, mungkin paling cocok untuk yang membawa keluarga besar. Saya menginap 2 malam melalui AirBnB ini, yaitu 2 malam pertama di Koe House Kawaguchiko. Selain di AirBnB, Koe House ini juga ada di Agoda & Booking.com, jadi harusnya penginapan mereka sudah mengantongi sertifikat resmi dari pemerintah sebagai penyedia layanan menginap / guest house.

Alasan saya kenapa tidak semuanya menginap di penginapan AirBnB, karena waktu itu beberapa penginapan AirBnB sempat bermasalah dengan regulasi pemerintah di Jepang. Jadi daripada khawatir, akhirnya kita putuskan untuk sebagian besar menginap di hotel saja. Apabila Anda ingin mencoba menginap di AirBnB Jepang, coba cek regulasi yang terbaru, apakah sudah memenuhi syarat & tidak bermasalah.

Ryokan – Penginapan Murah di Jepang

Nah, kalo Ryokan ini biasanya penginapan yang cukup mahal, karena kita bisa merasakan pengalaman seperti orang lokal. Tidur di lantai dengan beralaskan tatami (tikar khas Jepang), kemudian biasanya juga dimasakkan makan malam & makan pagi oleh pemilik ryokan. Meskipun tidur di lantai, tapi jangan khawatir tidak bakalan kedinginan kok, bahkan terasa hangat. Mungkin karena futon alas tidur khas Jepang yang digabung dengan tatami, sudah bisa meredam lantai yang dingin. Bahkan di musim dingin sekalipun.

Yang satu ini, rekomendasi saya untuk yang ingin merasakan tinggal di ryokan, tapi dengan bujet hostel. Yaitu di Kimi Ryokan Tokyo. Nyaman banget meskipun kamar mandi di luar. Kebersihan juga patut diacungi jempol. Tidak ada komplain dari saya untuk hostel Kimi Ryokan. Bahkan sangat bisa diulang apabila lain kali ke Tokyo. Jarang-jarang saya pengin menginap di penginapan yang sama, apabila mengunjungi kota yang sama, hehe.. :p

Berikut saya tuliskan beberapa alternatif survei penginapan saya di 4 kota Jepang yang saya inapi, mulai dari Tokyo, Takayama, Kawaguchiko, sampai dengan Osaka.

Kimi Ryokan Tokyo

Penginapan Murah Tokyo

Kebanyakan traveler mungkin banyak yang memilih menginap di sekitaran Asakusa & Shinjuku. Cuman yang saya lihat dari segi budget traveler, penginapan di Ikebukuro ini cukup nyaman, terutama apabila Anda menginginkan penginapan dengan akses transportasi yang mudah & terjangkau. Bukan hanya dari penginapan saja yang terjangkau, area Ikebukuro ini termasuk mudah apabila Anda ingin mencoba tips makan murah di Jepang.

Berikut beberapa penginapan di Tokyo hasil survei saya:

Perbandingan harga Kimi Ryokan:

Kimi Ryokan Tokyo Jepang

Penginapan Murah Takayama

Takayama ini merupakan kota kecil, yaitu salah satu kota terdekat dari Shirakawa-go. Pilihan menginap saya simpel saja, diutamakan yang dekat dengan stasiun bus / kereta, hehe.. Dari beberapa pilihan, saya menginap di hotel Country Takayama, karena melihat kenyamanan hotel dan lokasinya yang terletak persis di seberang stasiun bus & kereta! Oh ya, jangan lupa mencoba buffet breakfast di Takayama ini. Harga cukup murah untuk makan pagi all you can eat, dengan pilihan makanan cukup beragam.

Pilihan penginapan di Takayama:

Perbandingan harga hotel Country Takayama:

Hotel Country Takayama Jepang

Kamar Hotel Country Takayama

Buffet Breakfast Hotel Country Takayama

Penginapan Murah Kawaguchiko

Sama seperti di Takayama, pilihan penginapan di Kawaguchiko ini yaitu yang berada dekat dengan Kawaguchiko Station yang murah. Terutama karena kawasan wisata tujuan utama turis yang ingin melihat gunung Fuji, jadi harga penginapan di sekitar Kawaguchiko Station ini sudah cukup mahal. Dari survei saya, Koe House & Kawaguchiko Station Inn ini cukup terjangkau. Soal kebersihan, semestinya cukup bersih, tapi Guest House Koe ini perabotan & kamar mandinya memang jadul banget. Jadi mungkin kurang cocok untuk Anda yang ingin menginap di hostel / guest house yang modern.

Pilihan penginapan di Kawaguchiko:

Perbandingan harga Koe House:

Koe House Kawaguchiko Jepang

Penginapan Murah Osaka

Pilihan saya untuk hotel di Osaka ini yaitu Hotel APA Higobashi, yang merupakan jaringan bisnis budget hotel di Osaka. Pertimbangan saya yaitu:

  • pertama lokasi. Cukup enak, tapi sama enaknya dengan Tennoji maupun Tanimachi.
  • kedua tempat wisata, dekat dengan Osaka Art Museum & Science Museum
  • ketiga pertimbangan dari kedekatan tempat dengan transportasi, bolak-balik pp ke Osaka Station dan transportasi ke tempat wisata lainnya
  • terakhir harga! Higobashi paling murah, dan juga tersedia onsen & breakfast buffet cukup murah, xixixi..

Dibandingkan hotel lainnya yang sudah saya survei, waktu itu Hotel APA Higobashi Osaka paling memenuhi syarat dari pertimbangan saya di atas. Tapi tidak ada salahnya apabila mencoba membandingkan harga & lokasi hotel dari survei hotel saya di Osaka, yaitu:

Menurut Agoda & Japan Guide, beberapa pilihan lokasi strategis & terpopuler pilihan tamu Agoda yaitu di Umeda, Osaka Station & Namba. Kenapa saya akhirnya pilih di Higobashi, karena tidak jauh dari hub. Osaka Station, hanya terletak 1 station saja. Jadi masih tidak terlalu jauh, mengingat harga APA Hotel Higobashi yang waktu saya pesan cukup terjangkau dibanding hotel lainnya di Osaka.

Perbandingan harga Hotel APA Higobashi:

Hotel APA Higobashi Osaka Jepang

Rekomendasi Lain Penginapan Murah di Jepang

Silahkan bagi teman-teman Liburan Murah. Saya dengan senang hati menerima segala masukan & komentar untuk penginapan murah di Jepang ini, terutama yang banyak dicari mungkin di Tokyo, Osaka & Kyoto yah, mungkin teman-teman ada rekomendasi penginapan murah di Jepang lainnya. Thanks!

2 Comments

  1. Ninakorda
    Mar 30, 2019 @ 23:46:10

    Tks sgt membantu info2nya kebetulan sy rencana k jepang oct akh 2019 ini. Bisa sy minta no wa nya ? Sy mau tnya2 bnyk hal terutama hal transportasi biar gk bingung ambil ka n caranya gmn gitu. Tks

    Reply

Leave a Reply