Wisata Pantai Turki di Cesme Alacati

Wisata Pantai Turki di Cesme Alacati

Wisata Pantai Turki di Cesme Alacati dalam 1 hari

Rencana kita pagi hari ini melihat wisata pantai Turki di Cesme Alacati. Begitu sampai di Izmir, kita melanjutkan perjalanan ke Alacati Village yang tidak jauh dari Izmir, dan kemudian ke Cesme. Sore harinya baru kita menuju ke Selcuk dan check in penginapan.

Berhubung awal musim semi dan suhu udara masih dingin, kita nggak main ke pantai-nya. Hanya muter di sekitar Alacati Village & dalam kota Cesme, kemudian mampir ke Cesme Baywalk (area pinggir laut kota Cesme) dan Museum Cesme.

Izmir ke Alacati Village – Wisata Pantai Turki di Cesme Alacati

Jam 5 pagi kita sudah sampai di stasiun Izmir. Stasiun ini lebih besar dari Terminal di Bursa. Ada 2 lantai untuk gate bus, dan bus yang kita naiki, yaitu Kamil Koc, punya tempat bangunan tersendiri di bagian bawah, dengan free toilet (biasanya di stasiun bus lain kita harus membayar 0,5 sampai dengan 1 lira) dan café kecil.

Tanya ke pegawai Kamil Koc untuk transportasi ke Alacati, kita diarahkan menuju ke gedung utama stasiun bus, yaitu ke arah atas, dan sesuai catatan kita, kita akan naik bus Cesme Sehayat menuju ke Cesme, dan dalam perjalanan kita bisa minta stop di Alacati.

Tepat jam 6.30 berangkat, kita sampai di Alacati Village sekitar jam 8 pagi. Jalan kaki santai memutari kampung Alacati ini, masih belum banyak toko yang buka, sebagian baru buka jam 9-10 pagi. Akhirnya ketemu salah satu restaurant yang buka & tersedia WIFI, akhirnya kita memutuskan untuk makan pagi di sini. Tempatnya nyaman, makanan enak meskipun agak pricey dibandingkan makanan di daerah lain di Turki.

Waktu kita masih cukup lama, akhirnya kita menitipkan tas di restaurant ini, jalan kaki ke atas bukit, foto2, dan kemudian kita mengambil backpack untuk melanjutkan perjalanan ke Cesme. Kembali ke halte bus sebelumnya, tersedia dolmus dari Alacati menuju ke Cesme dalam jam-jam tertentu, jadi sebelumnya harap perhatikan jam keberangkatan dolmus, supaya tidak ketinggalan, hehe..

Alacati Village ke Cesme – Wisata Pantai Turki di Cesme Alacati

Begitu dolmus datang, kita naik dolmus dari Alacati menuju  Cesme bus station. Pertama kali kita memesan tiket bus untuk balik ke Izmir, tentunya dengan naik bus Cesme Sehayat. Ada beberapa alokasi waktu, kita memutuskan untuk mengambil keberangkatan sekitar jam 4 sore, supaya kita bisa makan & jalan-jalan di sekitar kota Cesme. Di stasiun bus ini kita juga bisa menitipkan tas.

Ada apa di Cesme?

Sudah browsing sebelumnya, Cesme adalah kota di pinggir laut, dengan pemandangan laut & kapal yacht yang indah. Yang tidak boleh dilewatkan yaitu mampir ke pinggir laut semacam baywalk, kemudian naik ke atas bukit, tepatnya di Cesme Castle Museum. Indah banget pemandangan kota Cesme dari atas bukit kecil di Cesme Castle ini. Baywalk & Cesme Castle ini lokasinya tidak jauh dari bus station Cesme, cukup dengan berjalan kaki saja.

Di tengah perjalanan berjalan kaki, kita sempatkan makan siang di salah satu restaurant kecil di sini. Salah satu opsi makan termurah & enak, selama kita di Turki! Maklum mungkin kota kecil yang kebanyakan hanya dikunjungi orang lokal, jadi harga makanannya juga lebih murah dari Istanbul dan kota turis lainnya.

Izmir Bus Station

Sampai di Izmir bus station, kita segera mencari dolmus ke Selcuk. Perjalanan tidak terlalu jauh, seingat saya 30-40 menit saja. Selcuk kota yang tidak terlalu besar, dan penginapan kita di Selcuk tidak terlalu jauh dari bus station. Setelah sampai, kita berjalan kaki santai menuju ke penginapan. Waktunya beristirahat! Setelah jalan seharian dan tidur di bus malam sebelumnya, hehe..

Leave a Reply