Wisata Rohani Turki di Ephesus

Wisata Rohani Turki di Ephesus

Wisata Rohani Turki di Ephesus

Hari ini rencananya kita seharian keliling wisata di sekitar kota Selcuk, yaitu Wisata Rohani Turki di Ephesus dan House of Virgin Mary. Terakhir apabila masih ada waktu, kita mampir ke salah satu village dekat dengan Selcuk, yaitu Sirince Village.

Wisata Sejarah Ephesus

Rute awal kita naik dolmus dari Selcuk bus station ke Ephesus. Ternyata dolmus ini turunnya di pintu belakang Ephesus. Justru kebetulan, karena kita berangkat pagi, dan kebanyakan bus tour yang menuju Ephesus ini masuk dari pintu depan. Jadi waktu kita masuk ke Great Theatre Ephesus & Library of Celsus yang biasanya menjadi background foto para turis, kedua tempat tersebut masih cukup sepi. Maklum Ephesus merupakan tempat wisata favorit yang setiap harinya dikunjungi para turis dari berbagai negara.

Wisata Rohani House of Virgin Mary

Setelah balik dari Ephesus kita naik taxi (satu-satunya transportasi) menuju ke house of Virgin Mary dan kemudian balik ke kota Selcuk. Di House of Virgin Mary kita bisa masuk ke dalam rumah yang dulunya merupakan rumah Bunda Maria. Sempat berdoa sebentar di bawah, di mana kita dapat menulis di kain / kertas, yang kemudian dipasang di dinding. Ada juga semacam air suci & lilin untuk berdoa, mirip dengan tempat ziarah agama Katolik di Indonesia.

Sampai di Selcuk, berikutnya kita mampir ke train station untuk book tiket ke Denizli esok harinya, yang ternyata tidak bisa, karena tiket hanya bisa dibeli pada hari keberangkatan. Kenapa naik kereta? Karena harganya bisa menghemat separuh harga ketimbang naik bus dari Selcuk ke Denizli. Naik kereta cuman seharga 16 Lira, sedangkan bus seharga 30-35 Lira.

Nur Restaurant Selcuk

Kemudian kita makan siang dahulu di Nur Restaurant.Salah satu restaurant yang harus dicoba di Selcuk. Karena selain harganya yang murah, rasa masakan yang cocok di lidah kita, porsi juga mengenyangkan. Pilihan menu di Nur Restaurant Selcuk ini juga beragam, cocok buat yang pengin nyobain kuliner khas Turki. Selain itu, pemiliknya ramah banget, bahkan mengajak kita berfoto bersama, hehe..

Sirince Village

Waktu masih banyak, kita memutuskan untuk pergi ke salah satu kampung terdekat di Selcuk, yaitu Sirince Village. Kurang lebih 20-30 menit saja dengan menggunakan dolmus dari Selcuk bus station. Sirince Village sendiri tempatnya tidak terlalu besar, kita dapat mengelilingi perkampungan tradisional ini dengan berjalan kaki.

Tempatnya unik dan cukup nyaman berkeliling mengitari Sirince Village, sambil mencoba berbagai kuliner khas Turki maupun oleh-oleh setempat. Bentuk bangunan rumah tradisional di sini juga masih dipertahankan, dengan kontur jalan yang sedikit mendaki. Sampai di atas, kita dapat melihat pemandangan perkampungan di atas bukit di Sirince Village ini. Kita sempat mencoba es krim khas Turki di sini, kemudian mampir ke salah satu cafe untuk minum, bersantai sejenak & mencoba camilan khas Turki.

Jadi selain wisata rohani Turki di Ephesus dan sekitarnya, ternyata masih banyak wisata lain di sekitar Selcuk yang dapat dikunjungi. Salah satu kota favorit saya di Turki. Kota yang kecil & tenang, enak kemana-mana cukup dengan berjalan kaki. Makanan di sini juga murah & enak.

Leave a Reply