Wisata Salju Turki di Gunung Uludag Bursa

Wisata Salju Turki di Gunung Uludag Bursa

Wisata Salju Turki di Gunung Uludag Bursa

Dari Istanbul kita berangkat ke Bursa untuk melihat wisata salju Turki di gunung Uludag Bursa. Perjalanan menuju Bursa sekitar 4 jam, rencana kita hari ini mengunjungi snow resort Uludag, naik cable car terpanjang di dunia, yang baru diresmikan Desember 2014. Malam harinya melanjutkan perjalanan naik night bus ke Selcuk/Izmir.

Ferry BUDO Istanbul – Bursa

Kita berangkat pagi-pagi menuju ke Kabatas naik tram, yaitu tempat pemberangkatan ferry BUDO menuju ke Bursa. Sampai di sana, ternyata loket baru dibuka jam 7 pagi. Ngopi & nge-teh sebentar sambil nyamil kue simit, jajanan khas di pagi hari orang Turki. Antri tiket sebentar mungkin cuman 3-4 orang pada waktu dibuka, dan langsung pesen tiket untuk keberangkatan jam 8 pagi. Perjalanan ferry sekitar 2 jam saja.

Begitu sampai, kita ke toilet sebentar, kemudian beli kebab di seberang kantor ferry. Bus 3F ke teleferik (cable car) kelihatannya sudah ada di depan kantor ferry, tapi dari info di internet, sebaiknya membeli makanan dahulu, karena di puncak gunung Uludag jarang ditemukan penjual makanan. Tapiii, ternyata kita salah langkah. Bus 3F menuju ke teleferik tidak berjalan setiap saat, hanya pada saat ferry datang saja. Jadi terpaksa kita harus menghabiskan waktu untuk menunggu sampai dengan 2 jam lagi! Udah terlanjur ketinggalan bus, akhirnya kita menunggu di kedai teh / cay terdekat, menghabiskan waktu di sini sambil ngobrol.

Wisata Salju Turki di Gunung Uludag Bursa

Akhirnya bus datang juga. Begitu sampai kita bergegas ke cable car station paling bawah untuk membeli tiket. Dengan naik teleferik (cable car), harusnya perjalanan cable car bisa sampai ke area hotel gunung Uludag. Tapi ternyata cable car di stasiun kedua tidak beroperasi, jadi terpaksa kita harus naik minivans / dolmus menuju ke area hotel. Sampai di puncak, cukup beruntung masih ada salju di awal April 2015 ini. Segera berfoto ria, kemudian salah satu teman kita ada yang mengambil tawaran naik motor salju menuju ke bagian teratas gunung Uludag.

Turun ke bawah, rencananya kita akan langsung menuju ke Terminal / Stasiun Bus Bursa. Dan dari info pak security di cable car, ternyata ada bus yang langsung menuju ke Terminal, yaitu bus no. 94. Saya cari info di googling, kebanyakan bilang harus naik dolmus, kemudian baru pindah untuk naik bus no. 38. Thanks bapak security!

Bursa Terminal

Sampai di terminal, segera kita booking tiket bus menuju ke Izmir, dapet tiket di atas jam 11, menjelang tengah malam. Kita makan malam dulu di sini, masih banyak stand makanan yang buka dengan berbagai pilihan menu. Terminal Bursa termasuk cukup besar untuk ukuran stasiun bus, dibandingkan dengan di Indonesia. Dan masih banyak stand makanan & oleh-oleh yang buka sampai dengan tengah malam.

Overall, wisata salju Turki di gunung Uludag Bursa cukup memuaskan kita, terutama bagi saya yang baru pertama kali menyentuh salju, hehe.. Paling tidak saya bisa tau bagaimana rasanya salju. Dan tenyata, kita masih diijinkan untuk pegang salju lagi, yaitu pada waktu perjalanan kita beberapa hari berikutnya di Cappadocia. Beruntungnya, lagi, kita bisa merasakan salju turun dari langit! Baca catatan perjalanan kita di posting selanjutnya ya.. 🙂

Untuk teman-teman yang sudah pernah ke Turki atau mau bertanya, jangan sungkan untuk berkomentar di bawah postingan ini, sekalian bisa membantu teman-teman lain yang akan bepergian ke Turki.

Leave a Reply